renang bagi ibu hamil

Aturan Berenang Ibu Hamil

Aturan berenang ibu hamil? Lagi- lagi tentang ibu hamil berenang, sepertinya mau berenang saja menjadi hal yang merepotkan. Banyak sekali aturan berenang untuk ibu hamil.

Berenang memang sangat baik untuk kesahatan tubuh. Akan tetapi bagi ibu hamil perlu banyak syarat & aturan. Mengapa aturan itu banyak sekali di ciptakan?

Jawabannya mudah untuk menjaga agar tidak terjadi kecelakaan ketika ibu hamil berenang. Tentunya bagi kamu yang sedang hamil tidak ingin mengalami hal tersebut.

Ingin mencari kebugaran & kesehatan tubuh ketika hamil tapi malah celaka. Banyak sekali manfaat olah raga berenang. Tetapi kamu juga harus mengikuti aturan- aturan yang berlaku.

Sebenarnya aturan berenang ibu hamil di buat dengan tujuan kebaikan ibu hamil itu sendiri. Nah, alangkah baiknya kamu ketahui beberapa dasar dari aturan berenang ibu hamil tersebut. Apa sajakah aturan itu? Mari kita bahas bersama.

 

10 Dasar Aturan Berenang Ibu Hamil

Nah bagi kamu yang sudah siap untuk olah raga renang sebaiknya pahami aturan berenang untuk ibu hamil berikut :

  1. Konsultasi Dokter Kandungan

Periksakan kondisi kamu & janin kamu sebelum kamu melakukan olahraga renang. Cek kesehatan & tanyakan situasi kamu & janin. Tanyakan apakah kamu diperbolehkan untuk melakukan olahraga renang.

Apabila kondisi kesehatan kamu & janin baik biasanya dokter akan membolehkannya. Akan tetapi bila dokter mengatakan bahwa kondisi kamu ataupun janin kamu kurang bagus untuk terlalu banyak bergerak, maka patuhi anjuran dokter kamu.

Apabila kamu belum pernah melakukan olah raga renang sebelum hamil, maka kamu wajib konsultasi. Konsultasi kepada dokter kandungan ialah salah satu dasar aturan berenang ibu hamil.

  1. Waktu berenang

Perhatikan waktu yang tepat bila kamu berenang. Aturan waktu berenang ketika hamil sangat penting, aturan berenang ibu hamil ialah sebelum jam 09.00 pagi & sesudah jam 16.00 sore.

Pada waktu tersebut ibu hamil tidak banyak terpapar sinar UV. Sinar UV diatas jam- jam tersebut dapat merusak sel kulit kamu. Maka hindari jam- jam berenang diluar jam tersebut.

  1. Makan

Aturan berenang ibu hamil berikutnya ialah makan. Sarapan pagi atau makan sore sebelum melakukan aktifitas renang sangat dianjurkan. Makanlah minimal 1 jam sebelum kamu berenang.

Hal ini beralasan untuk menghindari mual ketika kamu di dalam kolam. Selain itu bila kita sulit memahami maksudnya, singkatnya agar tidak masuk angin. baca jasa pembuatan kolam renang.

  1. Pemanasan & Pendinginan

Pemanasan & pendinginan ialah salah satu aturan renang ibu hamil. Pemanasan perlu di lakukan agar otot- otot dalam tubuh meregang, sehingga kamu terhindar dari kram otot ketika berenang.

Guna pemanasan tidak hanya ada dalam olah raga berenang saja, tetapi juga anjuran untuk olahraga lain untuk mengindari cedera.

Setelah berenang lakukan juga pendinginan, hal ini di lakukan agar kamu terhindar dari nyeri setelah berenang di hari berikutnya.

  1. Dilarang Melompat

Hindari loncat dari atas bibir kolam, meskipun kamu sudah terbiasa. Aturan berenang ibu hamil berikutnya ialah kamu dilarang melompat ketika masuk kedalam air.

Sangat dilarang sekali karena ketika kamu melompat masuk, tekanan air ke vagina dapat merusak selaput pelindung janin. Turunlah perlahan- lahan melalui tangga.

Perhatikan langkah kamu ketika menuruni tangga, hati- hati jangan sampai kamu terpeleset.

  1. Relax & Tenang

Berenang lah dengan santai, sehingga badan kamu akan relax & tenang. Salah satu manfaat dalam berenang untuk ibu hamil ialah merelaksasi tubuh, maka berenanglah dengan santai.

Jangan berenang dengan terlalu memforsir tenaga kamu, dianjurkan untuk berenang dengan gaya dada atau punggung. Gaya dada atau punggung sangat cocok sekali untuk ibu hamil karena tidak terlalu memforsir tenaga.

Catatan penting !!! “jangan menahan nafas terlalu lama, asupan oksigen yang kurang akan mempengaruhi kondisi janin.“

  1. Jaga asupan cairan

Cairan tubuh sangat penting untuk ibu hamil & janin. Menjaga asupan cairan merupakan salah satu aturan berenang ibu hamil yang perlu diperhatikan juga.

Ketika kamu berada di dalam air & berenang mungkin tubuh kamu akan terasa segar, sehingga kamu lupa untuk minum. Ingat kesegaran yang didapat hanya di luar atau kulit saja.

Organ tubuh bagian dalam juga perlu asupan cairan untuk metabolisme tubuh kamu. Bila ibu hamil kekurangan cairan tubuh maka akan terjadi dehidrasi, & itu akan mempengaruhi kondisi janin.

  1. Berenang dikolam

Berenang lah di kolam renang saja, hindari berenang di laut demi keselamatan kamu. Bagi ibu hamil yang masih belum bisa berenang atau pemula dalam hal renang sebaiknya hindari berenang di laut.

Kamu boleh bermain- main di pantai, tapi hindari berenang di dalam air laut. Penting untuk diperhatikan bahwa situasi laut atau pantai masing- masing daerah berbeda.

  1. Perhatikan kandungan air kolam

Bagi kamu yang ingin berenang di kolam sebaiknya kamu ketahui dulu kadar klorin di kolam.

Klorin dengan kadar yang umum memang tidak membahayakan bagi kandungan, tapi ada kemungkinan kamu alergi. Pastikan dahulun kamu tidak alergi dengan bahan kimia dalam air kolam. baca distributor alat kesehatan.

  1. Baju Renang

Aturan berenang ibu hamil yang terakhir ialah baju renang. Perhatikan baju renang yang akan kamu gunakan. Pakailah baju renang yang tidak menekan perut kamu.

Pakailah bikini, tankini, atau one-piece yang bagian perutnya tidak ketat. Baju renang yang nyaman tidak akan menggangu gerakan kamu di dalam air.

Setelah kamu membaca & mengetahui aturan berenang ibu hamil tersebut kamu akan tau batasan yang baik untuk kamu. Sebenarnya aturan tersebut tidak sulit bila kita bandingkan dengan manfaat berenang itu sendiri.

Manfaat olahraga berenang bagi ibu hamil sangat banyak. Salah satu manfaat yang penting ialah membantu kelancaran persalinan. Tentunya kamu ingin melahirkan dengan cara normal & lancar bukan.

Bagi kamu yang sedang hamil lakukanlah olahraga berenang dengan mengikuti aturan renang ibu hamil tersebut. Aturan tersebut sangat sederhana & dapat dilakukan dengan mudah.

Demikian pembahasan tentang 10 dasar aturan berenang ibu hamil, semoga bermanfaat. (ad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *