Hikmah melaksanakan aqiqah dalam agama islam.

Hikmah melaksanakan aqiqah dalam agama islam.

Latar belakang di adakanya aqiqah adalah llahirnya seorang anak atau bayi. Dengan lahirnya seorang bayi maka islam menyunahkan agar orang yang baru diberi momongan bersedekah atau bersyukur. Nah islam menyunahkan dengan aqiqah. nah dalam agama islam orang tua di sunnahkan untuk aqiqah. yaitu menyembelih 2 kambing jika ia lahir anak laki-laki- dan menyembelih 1 kambing. Jika dia anak perempuan. Nah aqiqah sebagai wujud rasa syukur orang tua yang baru di beri momongan atau anak oleh tuhannya.

Melaksanakan aqiqah juga bagian dari ibadah. Karena ia sangat di anjurkan. Aqiqah disini juga termasuk ibadah yang mengandung banyak hikmah. Apa itu hikmah?. Ridho aqiqah menjelaskan: Hikmah itu sesuatu yang ada setelah dilaksanakannya aqiqah. atau kebaikan yang muncul di balik sunnah aqiqah.

  1. Hikmah yang pertama salah satunya adalah bisa menyebabkan orang semakin dekat dengan tuhannya. Karena jika di niatkan taqqorub illallah atau mendekat dengan allah. Ingsyaalah mereka yang melakukan aqiqah akan mendapatkan pertolongan untuk selalu dekat dengan allah.
  2. Yang kedua adalah, hikmah aqiqah akan mambuat mereka yang melaksanakan menjadi lebih sadar dengan anjuran-anjuran agama. Nah jikalau sudah sadar. Maka ia akan cenderung lebih maksimal dalam melaksanakan tugas-tugas pribadi dan tugas sosialnya.
  3. Yang ketiga hikmahnya adalah: ia akan cenderung mendapatkan pendidikan pribadi. Dan masyarakat ke arah yang stabil. Dan mereka juga akan terbantu secara alamiah ke tahab pengikatan batin dalam menjalankan amal sholeh. Menjalankan aqiqah bukan semata hanya pesta makan makan bersama keluarga dan sanak saudara. Tapi lebih dari itu. Menjelankan aqiqah sama dengan menjelankan sunnah rosulullah saw. Dan meneladani kisah nabi ibrahim alaihi sallam. Yang dalam peristiwa itu akan menyembelih nabi ismail. Dan akhirnya oleh tuhan disuruh mengganti kambing sebagai sembelihan.
  4. Yang ke empat adalah menjelin silaturahmi dengan tetangga. Ibadah itu ada 2 bentuknya. Yang satu vertikal (ibadah seorang individu dengan tuhannya) dan yang ke dua adalah ibadah horizontal ( muamalah: ibadah sosial) ( menjalankan hubungan sosial dengan niat ibadah). Nah menjalankan Sunnah aqiqah termasuk ibadah yang mengatkan hubungan silaturamin antar sanak saudara dan tetangga dengan adanya makan bersama disertai ritual khusus. Mereka akan lebih akrab dan tau siapa bayi yang di baru saja di lahirkan.

Nah demikian baberapa hukmah dari adanya sunnah aqiqah. kami tim edukasi ridho aqiqah. akan terus memberikan tips tips dan penjelasan secara mudah mengenai seluk beluk aqiqah. jika ada membutuhkan konsultasi seputar aqiqah. anda bisa menghubungi kami ridho aqiqah. terimakasih

Hikmah melaksanakan aqiqah dalam agama islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top