Info Medika

Situs Informasi Dunia Kesehatan

Mengenal Customer Relationship Management !

Mengenal Customer Relationship Management !

Mengenal Customer Relationship Management ! – Memperoleh kepuasan pelanggan (customer satisfaction) perlu diperjuangkan oleh sebuah perusahaan. Bagaimana caranya? Tentu dengan memberikan nilai yang lebih untuk bisa menutupi harapan dan ekspektasi dari pelanggan.

Jika Anda memberikan berbagai pelayanan optimal serta kualitas produk terbaik, maka pelanggan pun akan tertarik dengan yang Anda tawarkan. Strategi pemasaran seperti segmentingtargeting dan positioning (STP) pun sangat berpengaruh terhadap kuantitas pemasaran yang ingin dicapai.

Mengenal Customer Relationship Management !

Dalam kajian pelayanan kepada pelanggan, Anda harus mengenal Customer Relationship Management (CRM) yaitu segala hal yang berkaitan dengan mendapatkan, mempertahankan serta mendapatkan kembali pelanggan.

CRM ini digunakan sebagai penunjang aktivitas salesmanshipmarketing  dan customer service dalam sebuah perusahaan. Dapat dikatakan bahwa sistem CRM ini sebagai wadah untuk menyambungkan pertalian relasi antara perusahaan dengan pelanggan.

a. Memperoleh Pelanggan

Apa yang menjadi daya tarik khusus dari perusahaan/ brand yang Anda miliki? Jika memang ada, maka optimalkan daya tarik tersebut, sehingga kompetitor Anda pun tidak akan bisa mengimitasi metode dan cara yang Anda implementasikan.

Baca Juga : Telah Hadir Pelatihan Komunikasi NO. 1

Anda bisa boosting  pemasaran melalui berbagai platform, media sosial menjadi salah satu alat utama yang bisa menjangkau berbagai kalangan.

b. Mempertahankan Pelanggan

Ada yang bilang bahwa mempertahankan lebih sulit daripada memperoleh, memang benar adanya. Mempertahankan pelanggan memerlukan upaya ekstra agar Anda bisa tetap menguasai para pelanggan yang sudah tertarik dengan brand.

Dengan apa caranya? Tentu dengan konsistensi dalam memberikan pelayanan maksimal, dapat memecahkan solusi pelanggan, serta aktif mengeluarkan inovasi terbaru.

Baca Juga : KelasBicara.com – Platform Kursus Public Speaking Online TERBAIK !

c. Mengembalikan Pelanggan yang Hilang

Tindakan apa yang patut dilakukan apabila Anda kehilangan pelanggan loyal? Memang sulit jika harus menghadapi momen ini. Anda harus melakukan refleksi dan evaluasi atas pelayanan yang dilakukan, serta mengoreksi kesalahan serta kekurangan dari produk maupun strategi pemasaran.

Menjaga interaksi dengan pelanggan menjadi sebuah keharusan. Anda bisa memaksimalkan divisi customer service  bersama TDX Communication. Mengapa? Sebab Anda bisa menyelenggarakan coaching  & Pelatihan Komunikasi bersama Master Coach  berpengalaman.

Anda akan di-training  bagaimana cara memperlakukan pelanggan serta melayaninya dengan baik. Tidak hanya dengan lisan, namun bagaimana merealisasikannya dengan body language  maupun aspek-aspek lainnya.

Ingin undang TDX Communication dalam acara gathering ? Hubungi admin TDX di bawah ini, Salam Confidence !

WA : 0821 3432 3274
Email : [email protected]

Mengenal Customer Relationship Management !
Scroll to top